Kamis, 26 Juli 2012

PADANG - Bencana besar kembali menerjang Negeri Ranah Minang. Hujan deras disertai badai yang terjadi sejak pukul 16.30 WIB Selasa (24/7), dan saat itu umat muslim sedang berbuka puasa. Luapan air sungai batang kuranji yang datang dari hulu yang berada di Kecamatan Pauh, tepatnya di Kelurahan Limau Manis meluap yang mengakibatkan terjadinya banjir bandang. Air bah datang yang datang dari hulu Sungai Batang Kuranji mengalir deras dan menghantam ribuan rumah penduduk yang berada radius 100 meter dari bantaran sungai Batang Kuranji. Ketinggian air di beberapa titik bervariasi hingga mencapai 2.5 meter.


Pada pukul 22:00 wib ketinggian air mulai surut, pada kejadian ini 10 orang di laporkan hilang. Namun pada esok hari nya 10 orang yang semalam di laporkan hilang tersebut sudah di temukan kembali dalam kondisi selamat. Sekitar 20 rumah dan dua mushalla hanyut. Jembatan Kelawi di Koto Panjang, Limau Manih putus. Listrik di tiga kecamatan yang dihantam air bandang sengaja dipadamkan PLN untuk menghindari sengatan arus listrik.


Hingga kini ribuan warga yang terkenan bencana masih berada di kamp-kamp pengungsian dan di rumah-rumah tetangga yang tidak terkena dampak banjir bandang. Luapan air sungai batang kuranji juga merendam ratusan rumah yang terdapat di kecamatan Nanggalo di sepanjang jalan menuju SMA 12 Padang di Kelurahan Gurun Lawas dan di dekat PDAM di Kelurahan Surau Gadang yang terletak di belakang daerah Gunung pangilun ketinggian air mencapai hingga atap rumah.


Dari pantaun di beberapa titik yang terkena bencana, di daerang di kecamatan Nanggalo merupakan daerah yang terparah terkena terjangan banjir bandang. Dimana ratusan rumah warga terendam luapan sungai batang kuranji yang di sertai lumpur. Akses jalan aspal menuju SMA 12 Padang di tutupi lumpur hingga lutut orang dewasa.

Pada Rabu (25/7) setelah air surut tampak warga sudah tampak mulai membersihkan rumah mereka yang di genangi lumpur. Bantuan pun sudah mulai berdatangan dari berbagai pihak. Semoga para korban yang terkena bencana di berikan ketabahan di bulan suci Ramadhan ini. (@kapuyuak)


Artikel Terkait:

0 komentar:

About Me

Foto Saya
MinangKops
| Di Ma'a Bumi Di Pijak | Di Sinan Langik Di Junjuang |
Lihat profil lengkapku

deb_

deb_

follow

blogroll

  • Angry birds space - Pada posting kali ini saya mau bagi-bagi game lagi ni sob.., sebenernya sih saya udah telat posting tentang game ini karna sudah ada versi terbarunya. Ta...
    11 tahun yang lalu

chat box

Diberdayakan oleh Blogger.